Ads 468x60px

Senin, 17 Desember 2012

Mewarnai Tab Sheet di Excel

Mewarnai tabulasi sheet di Ms. Excel atau bisa dikatakan memberi warna background di excel fungsinya untuk mempercantik tampilan sheet pada excel sekaligus memberi tanda agar setiap sheet memiliki warna yang berbeda beda. Bagaimana cara membuat warna background pada tabulasi sheet Ms. Excel seperti gambar di bawah ini

Cara Memberi Nama Cells

ama pada cells biasanya dibaca kolom dan baris, misalnya "A1" cell tersebut artinya kolom A dan baris ke 1. Rumus dalam Ms. Excel tidak mesti mengikuti nama cell dari default excel tetapi bisa juga memberi nama dan mengganti sesuai dengan kebutuhan, Bagaimana cara memberi nama pada cells di Ms. Excel??

RUMUS FUNGSI VLOOKUP

Suatu kasus dalam Ms. Excel misalnya ketika akan memasukan data penjualan barang (barang yang terjual) cukup hanya dengan memasukan “kode” barang maka nama barang yang terjual akan secara otomatis muncul. Bisa dibayangkan ketika dalam satu waktu menjual seribu barang maka kita akan memasukan nama barang yang terjual tersebut satu per satu ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Cara Memunculkan Menu Developer pada Ms. Excel

Menampilkan menu developer pada Ms. Excel
Untuk bisa menjalankan VBA dan macro Excel tentu kita harus mengaktifkan menu developer pada Ms. Excel. Secara default menu di Excel tidak menampilkan menu Developer tetapi kita bisa menaktfikannya dengan beberapa trik

Mengatur Orientasi Teks pada Excel

Cara memutar tulisan di excel
Memutar tulisan pada excel dengan menggunakan orientation sehingga tulisan pada excel bisa diputar sesuai dengan kebutuhan, misalnya tulisan berdiri tegak lurus, tulisan sudut 45 derajat.

Cara cepat copy hanya format tabel saja

Copy Format Tabel
Trik cepat bekerja dengan excel menggunakan paste special. Cara Copy Tabel dengan Cepat pada MS. Excel ini akan menghasilkan bentuk format yang sama sesuai dengan tabel sumber yang telah dicopy tanpa isi tabel

Copy Cepat data Vertikal ke Posisi Horizontal

Copy data cepat posisi kolom ke baris di Ms. Excel
Copy data cepat dari posisi horizontal (baris) ke posisi vertikal (kolom) dan atau sebaliknya di Ms. Excel menggunakan fungsi paste special.

Rumus Excel Menghitung Cell yang kosong

Cara menghitung jumlah cells yang kosong pada excel
Dalam kondisi data yang sangat banyak terkadang kita malas untuk meneliti cell yang belum terisi secara satu per satu. Terkadang ada beberapa cell yang masih belum terinput data. Hal sepele ini mungkin akan berakibat fatal. Untuk mengatasi solusi di Ms. Excel ada cara yang sangat cepat untuk menghitung cells yang kosong alias belum terisi data.

Data Ganda pada Excel dan Solusinya

Mencari data ganda (duplikasi data) pda Ms. Excel
Untuk mengecek data apakah ada data yang sama atau ganda pada excel tidak musti satu per satu dibaca untuk mencari data yang ganda, ada alternatif untuk menentukan data ganda pada excel yaitu menggunakan rumus excel.

Rumus Menghitung Data Angka yang Sama pada Cell

Mengetahui Jumlah angka sama pada cell
Fungsi excel Menghitung Data Angka yang Sama pada Cell biasanya digunakan untuk menentukan berapa jumlah karakter yang sama sesuai dengan acuan yang telah ditentukan pada cell acuan.

Cara Copy Rumus yang Sama di Excel

Mengcopy Rumus yang Sama
Mengcopy rumus yang sama di excel akan mempercepat pekerjaan kita sehari-hari. Di Ms. Excel untuk mempercepat pekerjaan tidak harus mengetikkan rumus satu per satu setiap cell namun ada trik untuk mempercepat masalah tersebut.

Cara Menambahkan Cell di Excel

Tutorial Menambah dan Menghapus Cell di Excel
Penambahan cell dan penghapusan cell merupakan hal yang sering kita gunakan dalam hal proses pengeditan data di excel. Untuk mengatasi masalah tersebut ilmu excel akan berbagi pengetahuan tentang cara menambahkan cell di Ms. Excel.

Belajar Bahasa Inggris di Excel

Belajar Bahasa Inggris Agar Mahir dengan Bantuan Excel

Belajar Bahasa Inggris

mendengarkan dan menulis atau writing and listening menggunakan aplikasi Ms. Excel. Mari kita manfaatkan kelebihan Excel ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan untuk belajar bahasa menulis dan mendengarkan inggris pada Ms. Excel.

Rumus Mencari Kata Terakhir

Formula Excel untuk mencari kata terakhir

Untuk mencari sebuah kata dalam satu kalimat pada sebuah cell tidaklah sulit. Gunakan fungsi rumus gabungan antara right, len, find. substitute dengan bentuk formula pada contoh kasus excel seperti yang akan dijelaskan pada artikel ini

Format Cell Excel dan Fungsinya

Format cell atau pengaturan cell pada Excel 2007

Format cell merupakan pengaturan cell, format cell biasanya digunakan ketika akan mengatur berbagai bentuk dan jenis pengaturan cell agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan kelihatan rapi. Untuk mengaktifkan jendela format cell Anda dapat mengklik kanan cell tersebut kemudian pilih format maka akan muncul jendela Format Cells

Membuat Menu pada Ms. Excel

ara Membuat menu sendiri pada lembar kerja Ms. Excel
Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat sebuah menu dengan desain sendiri agar karya excel yang kita buat lebih profesional. Menu ini dibuat menggunakan shapes yang disediakan pada toolbar Ms. Excel

Membuat Ranking di Excel

Cara membuat ranking atau peringkat di excel
Perankingan dalam sebuah data di Ms. Excel sering kita jumpai untuk kebutuhan pengolahan data di Ms. Excel. Bagaimana cara membuat ranking dengan menggunakan formula =RANK(ref,range,order)

Cara Menampilkan Tool Options pada Excel 2007

Excel Options di Excel 2007
Untuk setting excel di versi excel 2003 seperti kita ketahui bersama untuk menampilkan options excel adalah dengan mengklik menu Tools kemusian pilih Options. Lain halnya di Excel 2007 untuk menampilkan excel option berbeda langkah-langkahnya.

Penjumlahan Cepat pada Excel dengan Shortcut Key

Trik Cara Cepat satu Kali Tekan tombol
Cara Kali ini ilmu excel akan memberikan sedikit trik bagaimana menjumlahkan data pada Ms. Excel dengan cepat menggunakan short cut key pada keyboard sehingga untuk menjumlahkan data secara otomatis di excel hanya dengan menekan satu kali tombol.

Trik Excel Menyembunyikan Kolom dan Baris

Menyembunyikan (hide) kolom dan Baris pada Ms. Excel
Beberapa trik excel untuk berbagai keperluan salah satunya adalah menyembunyikan kolom maupun baris pada suatu lembar kerja, tujuannya adalah agar data tidak kelihatan oleh user padalah data yang kita sembunyikan sangat berguna untuk kepentingan pembuatan rumus.

Cara Copy Tabel Excel ke Word

Mengcopy tabel Ms. Excel ke Ms. Word dengan Sempurna
Membuat tabel di Ms. Word terkadang kurang memuaskan dan kurang sempurna Anda harus menggunakan Ms. Excel untuk membuat sebuah tabel agar lebih kompleks walaupun pada kenyataannya di Ms. Word juga bisa dilakukan

Cara Membuat Tabel Otomatis di Excel

Trik Membuat Tabel Otomatis pada Ms. Excel
Selain fungsi utama Ms. Excel yaitu untuk perhitungan data angka, Ms. Excel juga bisa digunakan untuk membuat tabel secara lengkap dan sempurna. Untuk membuat tabel pada Ms. Excel bisa menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan menu format cell, bisa juga dengan cara otomatis.

Rumus Fungsi If

Terkadang dalam penyelesaian sebuah permasalahan misalnya ketika pembuatan nilai siswa untuk mengisi raport guru atau wali kelas dibingungkan dengan permasalah kondisi. Dimana kondisi jika rata-rata di atas 6, maka naik kelas, di bawah 6 maka tidak naik kelas. Tentu mudah membuat rumusnya dengan excel. Misalkan nilai rata-rata ada di sel A10, maka rumusnya:

Rumus Excel IF

Mencari kondisi tertentu menggunakan rumus fungsi IF OR, fungsi dari rumus If(or(.......) adalah
untuk menguji kebenaran suatu kondisi tertentu, dengan kata lain fungsi rumus if(or(....) adalah untuk menghasilakan nilai "TRUE" jika beberapa argumen bernilai benar, dan "FALSE" jika semua argumen salah.
Lalu kapan kita menggunakan rumus excel IF(or(kondisi1, kondisi2)?. Untuk lebih jelasnya silakan lihat screenshoot dibawah

Formula Excel Fungsi Logika - IF FUNCTIONS

Beberapa Formula Excel untuk fungsi logika dan fungsi Lookup (Vlookup dan Hlookup). Seperti apa formula excel untuk fungsi IF? If diartikan "JIKA" . If bisa dikombinasikan dengan LEFT, RIGHT, MID, Vlookup, Hlookup, maupun MID. Begitu juga furmula Hlookup ataupun Vlookup bisa dikombinasikan dengan LEFT, RIGHT, maupun MID. Formula rumusnya seperti uraian berikut:

Laporan Penjualan dengan Rumus Excel

Rumus Perkalian dan If Conditions
Membuat laporan penjualan sederhana menggunakan rumus excel formula yang digunakan yaitu perkalian, penjumlahan dan membuat formula menggunakan fungsi IF untuk menentukan besarnya diskon.

FORMULA IF OR AND

Formula If, Or, And pada Excel
Formula if, or, and pada excel terkadang sering sekali digunakan karena banyak sekali logika yang harus dipecahkan terutama dalam pengolahan data di excel. Penggunaan formula If digunakan untuk menghasilkan nilai berdasarkan kondisi tertentu.

Cara Membuka File Excel

Setelah program Excel telah terbuka Silakan buka bagaimana cara memulai Ms. Excel untuk bisa membuka file yang telah kita simpan di Folder atau direktori ada 2 cara yaitu :

Toolbar Excel 2003

Mengenal Toolbar Excel 2003

Toolbar Excel adalah alat bantu pengganti menu yang digunakan untuk mempercepat proses pekerjaan pada Ms. Excel. Toolbar Excel 2003 yang digunakan secara default adalah Toolbar Standar dan Toolbar Formating.

Membuat Aplikasi Mail Merge Word-Excel

Trik membuat Mail merge
Bagaimana trik membuat kwitansi dengan bantuan Mail Merger yang merupakan gabungan Ms. Word sebagai Format master kwitansi dan Ms. Excel sebagai data Kwitansi. Baiklah saya akan pandu untuk membuatnya.

Membuat Surat Keterangan Masih Sekolah dengan Mail Merger

Membuat Surat Keterangan Aktif Sekolah dengan cepat menggunakan Mail Merger. Menggabungkan data surat dari format Excel dengan format surat yang ada di Ms. Word. Trik ini akan mempercepat pekerjaan dalam membuat surat keterangan masih sekolah.
bagaimana caranya?

Cara Membuat Label Undangan


Membuat Label undangan secara otomatis menggunakan fasilitas Mail Merger antara Ms. Word sebagai Master data Undangan dan Ms. Excel sebagai sumber database. Cara ini banyak sekali dibutuhkan oleh mereka yang akan membuat sebuah label undangan yang biasanya di tempel di kertas undangan baik itu undangan pernikahan, khitanan, syukuran, dll. bisa dilihat bagaimana Mail Merger untuk membuat Surat Keterangan Masih Sekolah

Mengatasi masalah nilai ribuan pada mail merger

Ketika akan membuat Mengatasi masalah ribuan pada Mail Merger surat akan mengalami sebuah masalah dimana penulisan ribuan pada Ms. Word yang digabungkan dengan Excel tidak sesuai padahal format yang ditulis di Ms. Excel sudah sesuai dan benar. Misal pada Mail merger Ms. Word tertulis seperti gambar berikut

Program Aplikasi Kasir Excel

Penjualan barang pada perusahaan jual beli barang memang sudah saatnya menggunakan teknologi komputer untuk membantu pekerjaan secara maksimal agar pekerjaan lebih cepat dan mengurangi tingkat kesalahan. Pada kesempatan kali ini ilmuexcel akan berbagi sebuah software aplikasi kasir secara gratis menggunakan Ms. Excel dilengkapi dengan macro VBA.

Aplikasi Excel Form Input Data Siswa dengan Macro

Membuat Macro Excel dengan menggunakan bahasa pemrograman VB sangat mudah, disini saya akan contohkan bagaimana menginput (memasukan) data siswa ke beberapa cells di excel dengan menggunakan "Form input data siswa". Ya setidaknya kelihatan sedikit keren hehe.... Lihat Sreenshoot Aplikasi di bawah ini

Membuat Kotak Pesan di Excel Ketika Pertama Kali Buka File

Cara membuat kotak pesan di Ms. Excel mungkin sudah tidak asing lagi bagi pada bagi para penggila macro excel. Ya betul. Macro excel, karena dengan macro excel akan lebih kompleks dan sempurna, dengan macro juga akan mengurangi tinkat kesalahan pengetikan di excel. Bagaimana bisa kita membuat macro? Syaratnya adalah harus pintar bahasa pemrograman VB alias Visual Basic.

Rumus Terbilang di Excel

Sebuah aplikasi excel bisa membuat sesuatu pekerjaan menjadi lebih mudah. Untuk membuat sebuah huruf atau tulisan yang bersumber dari angka (nominal keuangan) bisa secara otomatis menggunakan macro Visual Basic. Aplikasi rumus excel ini biasanya dibuat ketika kita diharapkan dalam suatu masalah pengolahan keuangan, misalnya saja membuat SPJ di sekolah, atau bisa juga digunakan ketika membuat sebuah kwitansi.

Cara Mengaktifkan Macro Ms. Excel 2007

Untuk dapat menjalankan macro di Ms. Excel ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para pengguna excel. pada dasarnya Macro excel adalah aktivitas pada excel yang dilakukan otomatis dengan menggunakan beberapa script VB
  1. Langkah pertama klik menu developer kemudian klik macro security

Cara Membuat Grafik Perkembangan Siswa dengan Excel


Grafik merupakan informasi berupa sebuah gambar berdasarkan data dari suatu tabel. Grafik lebih mudah dan lebih simpel untuk dibaca. Di Ms. Excel membuat sebuah grafik sangatlah mudah. berikut ini saya akan uraikan beberapa cara membuat sebuah grafik perkembangan siswa menggunakan Excel.
Langkah Pertama : Buat sebuah tabel data siswa seperti gambar berikut

Fungsi Rumus Sum dan Autosum

Rumus Fungsi Sum dan Autosum
Mengenal lebih jauh tentang fungsi rumus sum dan autosum pada Microsoft Excel 2007.

Mengenal Beberapa Fungsi pada Microsoft Excel

Fungsi Ms. Excel
Beberapa fungsi yang ada pada Microsoft Excel yang  bisa digunakan secara umum. fungsi excel ini sangat mendasar dalam mempelajari Micsoroft Excel. Apa saja fungsi tersbut? Berikut akan saya paparkan secara rinci mudah dalam belajar excel.

Mengatasi Masalah Tanggal

Cara Mengatasi Masalah Tanggal di Excel
Berbagai masalah tanggal di excel sering kita jumpai terutama dalam hal format tanggal pada Ms. Excel yang kita ketikkan tidak sesuai dengan keingginan. Misalnya format yanggal yang kita inginkan 08-08-1988 tetapi tertulis 08/08/1988 atau misalnya ketika mengetikkan tanggal di excel 08-08-1988 setelah di enter hasilnya menjadi 32363

Program Aplikasi Siswa Excel


Database dengan Excel memudahkan dalam pengolahan data siswa di sekolah

Aplikasi Rumus Terbilang

Rumus terbilang di excel akan membuat sebuah tulisan huruf dengan cara membaca angka yang tertulis dari suatu sel. Fungsi rumus terbilang di Ms. Excel bisa digunakan untuk membuat sebuah kwitansi, artinya Anda hanya menuliskan angka maka secara otomatis tulisan akan muncul sesuai jumlah angka yang di masukan.
contoh anda bisa lihat screenshoot rumus terbilang di bawah ini