Ads 468x60px

Senin, 17 Desember 2012

Rumus Excel Menghitung Cell yang kosong

Cara menghitung jumlah cells yang kosong pada excel
Dalam kondisi data yang sangat banyak terkadang kita malas untuk meneliti cell yang belum terisi secara satu per satu. Terkadang ada beberapa cell yang masih belum terinput data. Hal sepele ini mungkin akan berakibat fatal. Untuk mengatasi solusi di Ms. Excel ada cara yang sangat cepat untuk menghitung cells yang kosong alias belum terisi data.
Pada posting artikel tentang excel hari ini ilmuexcel akan membahas mengenai cara menghitung cell yang kosong menggunakan formula =COUNTBLANK(range). Untuk contoh kasus excel ini coba lihat data seperti gambar berikut
Pada tabel data diatas ada beberapa cell nilai yang masih kosong dan untuk mengatasi masalah tersebut langkah yang harus dilakukan adalah mengetikkan rumus =COUNTBLANK(C3:C16) kenapa C3:C16? karena dalam tabel diatas yang akan dihitung cell yang kosong adalah data nilai yaitu cell C3:C16.

Jika sudah selesai silakan tekan enter, Oiya untuk mengetikkan rumus =COUNTBLANK(C3:C16) silakan ketik di cell C18 dan lihat hasilnya nilai yang belum masuk berjumlah 3. Untuk membuktikan rumus Countblank tersebut silakan hitung cell yang kosong dari data range diatas. Jika benar nilainya akan sama yaitu 3.

1 komentar:

  1. ass,,,
    saya mw tnyak,,
    kalau yg di isi cell nya di hitung 1 gmn ya om,,,??
    klo gambar d jadi kan contoh di atas jumlah nya jd 11

    BalasHapus