Menyembunyikan (hide) kolom dan Baris pada Ms. Excel
Beberapa trik excel untuk berbagai keperluan salah satunya adalah menyembunyikan kolom maupun baris pada suatu lembar kerja, tujuannya adalah agar data tidak kelihatan oleh user padalah data yang kita sembunyikan sangat berguna untuk kepentingan pembuatan rumus.
Untuk para master excel hal ini mungkin bukanlah suatu hal yang baru, namun hal-hal yang sepele terkadang kita lupakan. Trik Excel
kali ini saya akan membahas sedikit cara untuk menyembunyikan kolom
maupun baris dengan cepat menggunakan fungsi shortcut key atau
penggabungan fungsi tombol pada keyboard. Untuk menyembuyikan kolom
biasanya kita menggunakan menu Home - Format - Hide/Unhide. Cara
tersebut sangat umum kita gunakan dan saya kira akan memakan waktu yang
lama dengan mengklik 3 buah menu secara satu per satu.
Untuk menyembunyikan kolom cukup kita tekan " Ctrl + ) " secara bersamaan maka kolom yang aktif akan disembuyikan secara otomatis. Misalnya ketika kursor berada di kolom C baik di cell C1, C2, C3..... maka kolom C akan secara otomatis tersembunyi
Untuk menyembunyikan baris cukup kita tekan "Ctrl + ( " secara bersamaan maka baris yang aktif akan disembunyikan. Misalnya pointer berada pada baris 2 maka jika kita tekan fungsi ctrl + ( tersebut maka baris 2 akan secara otomatis tersembunyi.
0 komentar:
Posting Komentar